IDUL ADHA 1445 H ( Menebar Cinta Qurban sampai kepelosok daerah )

Saat Idul Adha, Allah memerintahkan kepada umat Islam untuk melakukan ibadah qurban bagi yang mampu melaksanakannya. Perintah ini tertulis didalam Al-Qur’an Surah Al-Kautsar : 1-2 yang artinya :

“Sesungguhnya Kami telah memberikan nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkurbanlah.”

Ketika Nabi Ismail menginjak usia remaja, Nabi Ibrahim mendapatkan Wahyu dari Allah SWT yang berisi perintah untuk menyembelih putranya sendiri, Nabi Ismail. Nabi Ibrahim adalah orang yang patuh, dia menaati perintah Allah SWT meski harus mengorbankan anak yang telah lama dinantikannya. Allah SWT berfirman dalam Surah An Nahl ayat 120 yang artinya: “Sesungguhnya Ibrahim adalah seorang Imam (yang dapat dijadikan teladan), qaanitan (patuh kepada Allah), dan hanif, dan dia bukanlah termasuk orang musyrik (yang menyekutukan Allah),”

Nabi Ibrahim pun menyampaikan wahyu tersebut kepada anaknya (Nabi Ismail), sebagaimana yang tertulis dalam Al-Qur’an surah Ash Shaffat ayat 102, yang artinya: “Maka tatkala anak itu sampai (pada usia sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: “Wahai anakku, sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku sedang menyembelihmu. Maka pikirkanlah apa pendapatmu!”, Ismail menjawab: Wahai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu, insya Allah engkau akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar.”

Melihat ketakwaan Nabi Ibrahim dan putranya, Allah SWT kemudian mengganti Nabi Ismail dengan domba. Itulah asal-muasal sunah qurban yang dilaksanakan umat Islam setiap Hari Raya Idul Adha atau yang disebut juga Hari Raya Qurban.

Alhamdulillahi rabbil alamin .. ditahun ini Yayasan Cahaya Madani Indonesia masih diberi kesempatan dan kepercayaan untuk melaksanakan penyembelihan dan pendistribusian daging hewan qurban. Semoga memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar juga , terimakasih kepada seluruh Donatur yang telah berqurban di Yayasan Cahaya Madani insyaAllah menjadi pahala dan keberkahaan, dan semoga hewan yang di qurban kan menjadi tunggangan di akhirat nanti hingga ke Surga Firdaus . aamiin.

Penyaluran Hewan Qurban
( YCMI ( Citeureup ), Sukabumi, Jonggol, Kp. Curug, Kp.Tonggoh, Puspanegara, Karang Asem, Gunung Putri, Ciomas dan Sikka (NTT)

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top